Analisa kinerja unit rawat jalan RS “X” Surabaya

Author : , JULIANI;

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dan menganalisa kinerja Unit Rawat Jalan RS “X” dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, konsumen, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan. Dari hasil analisa kinerja ini diberikan usulan perbaikan yang memungkinkan untuk diimplementasikan guna memperbaiki kinerja . Data yang diperlukan diperoleh dari dokumentasi RS, wawancara, dan kuisioner yang selanjutnya dianalisa dengan Balanced Scorecard. Data perspektif konsumen dianalisa dengan Quality Function Deployment yang menghasilkan matriks House of Quality yang membantu RS “X” dalam memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen. Dasar penilaian untuk Balanced Scorecard adalah 1,00-1,40 yang berarti kinerjanya buruk, 1,41-2,00 yang berarti kinerjanya baik. Hasil penilaian keseluruhan adalah 1,75 yang berarti kinerja Unit Rawat Jalan RS “X” adalah baik. Hanya saja untuk perspektif konsumen menunjukkan hasil penilaian 1,15 yang berarti kinerjanya masih kurang baik, karena itu perlu ditingkatkan.

Keyword : performance measurement, balanced scorecard, quality function deployment

Sumber : http://repository.petra.ac.id/1013/

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s