Analisa menu engineering pada produk red wine, white wine, rose wine dan champagne untuk memaksimalkan tingkat penjualan wine di Sheraton Surabaya Hotel and towers periode April – September 2003

Author : AREI, DESSI;

Penulis membahas tentang wine society di Indonesia khususnya di Surabaya, bagaimana budaya minum wine yang berasal dari negara Barat itu, lambat laun mulai memberi pengaruh terhadap lifestyle Surabaya. Dalam pelaksanaannya, penulis mengambil lokasi observasi di Sheraton Surabaya Hotel and Towers. Penulis menggunakan teori-teori mengenai Wine, Menu Engineering, dan teori-teori yang mendukung kedua faktor diatas. Dalam mendukung penelitian, penulis menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif sebagai pendukungnya. Dimana prosedur pengumpulan datanya melalui: studi kepustakaan, wawancara, dan observasi langsung. Teknik pengukuran yang dilakukan penulis menggunakan popularity index dan contribution margin. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan bantuan computer. Analisa data yang dihasilkan menunjukan bahwa produk Red wine merupakan menu item yang paling popular sedangkan menu item Champagne memiliki contribution margin yang tinggi. Dalam melakukan penelitian, penulis memberikan beberapa masukan bagi pihak hotel maupun saran, sehingga berguna bagi perkembangan pelaksanaan Menu Engineering dimasa akan datang.

Keyword : wine, popularity, contribution margin, menu engineering analysis

Sumber : http://repository.petra.ac.id/510/

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s