Analisis potensi pajak reklame sebagai pajak daerah di kabupaten Sidoarjo

Author : SETIAWATI, ENDANG;

Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi pajak reklame di Kabupiten Sidoarjo dengan cara membandingkan pendapatan aktual, pendapatan hasil survei dan pendapatan hasil proyeksi dengan menggunakan trend linier. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu berupa keterangan baik tertulis maupun lisan mengenai pajak reklame dan data kuantitatif yaitu berupa perhitungan pajak reklame yang semuanya itu didapat dari Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Sidoarjo. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari survei pada obyek penelitian dan data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui perantara baik melalui dokumen-dokumen, catatan-catatan dari Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Sidoarjo. Dari penelitian selama tiga bulan mengenai potensi pajak reklame di Kabupaten Sidoarjo diperoleh kesimpulan bahwa terjadi selisih sebesar Rp. 31,317,875 antara pendapatan aktual dan pendapatan hasil survei. Hal tersebut menandakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo masih kurang cermat dalam mengatur reklame, banyak reklame yang terpasang tanpa ijin atau niasa ijinnya telah berakhir. Tetapi meskipun begitu, pendapatan pajak reklame ini masih memenuhi target jika dilihat dai hasil proyeksinya.

Keyword : advertisement tax, regional tax

Sumber : http://repository.petra.ac.id/841/

This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s