Penggunaan aditif viatop 66 premium pada campuran split mastik

Author : STEVANOS;, DANIEL;

Dalam pelaksanaan perkerasan jalan timbul masalah yang disebabkan peningkatan beban dan frekuensi lalu lintas. Penggunaan aditif viatop ?66 premium pada campuran Split Mastik Aspal merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan aditif viatop ?66 premium terhadap stabilitas Marshall, kelelahan, rongga udara, Marshall quotient, indeks perendaman, stabilitas dinamis, dan deformasi dari campuran Split Mastik Aspal. Penelitian dilakukan di Laboratorium Perkerasan dan Bahan Jalan Universitas Kristen Petra Surabaya untuk pengujian Marshall dan Pusat Litbang Jalan Bandung untuk pengujian Wheel Tracking. Untuk pengujian Marshall, persentase viatop ?66 premium yang digunakan 0,2%, 0,4%, 0,6%, 0,8%, dan 1% dari berat total campuran. Pengujian Wheel Tracking dilakukan untuk campuran Split Mastik Aspal dengan kadar aspal optimum dan kadar viatop?66 premium optimum yang diperoleh dari pengujian Marshall. Dari pengujian Marshall diperoleh kadar viatop?66 premium optimum pada Split Mastik Aspal sebesar 0,6% dari berat total campuran. Hasil dari pengujian Wheel Tracking menunjukkan bahwa penggunaan viatop ?66 premium pada Split Mastik Aspal meningkatkan stabilitas dinamis dan memperkecil deformasi.

Keyword : viatop?66 premium, split mastik aspal, marshall testing, wheel tracking testing

Sumber : http://repository.petra.ac.id/1061/

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s