Studi banding penggunaan header tipe 4-2-1 dan 4-1 terhadap unjuk kerja motor bensin

Author : SUSANTO, HADI;

Ada beberapa mekanik otomobil yang mengganti exhaust manifold standart dengan exhaust manifold racing atau header, baik yang bertipe 4-1 maupun 4-2-1 pada motor bakar bensin agar torsi dan daya yang dihasilkan meningkat. Namun selama ini tidak diketahui seberapa besar perbedaan yang dihasilkan dari hasil modifikasi ini terhadap performansi motor bakar bensin tersebut. Oleh karena itu dilakukan studi literatur mengenai saluran buang dan dilakukan penelitian tentang dampak penggantian exhaust manifold. Hasil penilitian menunjukkan bahwa pada header 4-2-1 torsi meningkat 5.3%, daya naik 5.2%, kadar CO naik 13.3%, kadar HC turun 24,3%, dan konsumsi bahan bakar spesifik naik 9.2%. Header 4-1 torsi meningkat 5.4%, daya naik 5.2%, kadar CO turun 1.006%, kadar HC turun 28.15%, dan konsumsi bahan bakar spesifik naik 0.7%.

Keyword : exhaust manifold, petroleum combustion engine

Sumber : http://repository.petra.ac.id/827/

This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s