Studi penggunaan aspal emulsi untuk lapis permukaan perkerasan jalan

Author : G, CHRISTIAN;

Berkembangnya isu mengenai lingkungan hidup dan penghematan energi secara global, serta makin berkembangnya teknologi mengenai konstruksi jalan, telah memberikan peluang untuk berkembangnya bahan-bahan lain sebagai tanggapan terhadap isu-isu tersebut. Pemakaian aspal emulsi adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti karakteristik sifat campuran DGEM (Dense Graded Emulsion Mixes) type V dan VI serta OGEM (Open Graded Emulsion Mixes), yaitu kadar aspal optimum, kadar bitumen, kekuatan (stability), air void, penyerapan air, tebal film bitumen, tingkat penyelimutan, pengaliran air dan jumlah tercuci. Dari penelitian disimpulkan bahwa DGEM Type VT menghasilkan nilai stabilitas sebesar 1208,4 kg dan air void sebesar 6,2 % serta kadar aspal optimum sebesar 12,6 % yang lebih baik daripada DGEM Type V yang memiliki nilai stabilitas sebesar 1147,7 kg dengan kadar air void sebesar 8,4 % serta nilai kadar asipal optimum sebesar 10,2 % dan OGEM yang memiliki nilai stabilitas sebesar 345,4 kg dan kadar air void sebesar 11,2 % serta kadar aspal optimum sebesar 8%.

Keyword : OGEM, DGEM, optimum asphalt content, bitumen content, stability, air void, water absorption, bitumen film thick, coating, water runoff and washoff

Sumber : http://repository.petra.ac.id/738/

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s