Studi perbandingan alternatif desain persimpangan jalan Diponegoro-Pahlawan di Sidoarjo

Author : KETUT, I;

Persimpangan Jalan Pahlawan – Diponegoro di Sidoarjo merupakan akses kendaraan dari luar ke dalam kota Sidoarjo, sehingga pada jam puncak terutama pada sore hari persimpangan ini cukup padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja persimpangan kondisi do-nothing dan membandingkannya dengan enam alternatif desain persimpangan. Dari hasil penelitian terlihat bahwa pada kondisi do-nothing, kinerja persimpangan ini diperkirakan mencapai tundaan rata-rata sebesar 241.10 detik/smp (ITP : F) pada kondisi hari kerja dan 279.66 detik/smp (ITP : F) pada kondisi hari libur, dengan biaya kerugian gabungan yang ditimbulkan sebesar Rp. 27.5 milyar per tahun pada tahun 2012. Sedangkan dari hasil analisa, diperoleh kesimpulan bahwa alternatif pelebaran jalan dan merubah waktu siklus TL persimpangan jalan Diponegoro – Pahlawan dapat mengurangi tundaan menjadi 10.33 detik/smp pada hari kerja dan 10.13 detik/smp pada hari libur dengan biaya kerugian gabungan dapat berkurang menjadi Rp. 2.6 milyar per tahun pada tahun 2012.

Keyword : intersection performance, vehicle operational cost, time value

Sumber : http://repository.petra.ac.id/760/

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s